SOLA GRACIA

Efesus 2; 8-9: Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.



Selasa, 20 Juli 2010

KEDATANGAN KRISTUS YANG KEDUA

KEDATANGAN KRISTUS YANG KEDUA

Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya dimana Aku berada, kamupun berada. (Yohanes 14;3)

Setiap peristiwa yang sudah, sedang, dan akan terjadi di alam semesta ini sejak semula telah dinyatakan oleh Allah di dalam Firman-Nya, seperti kebangkitan dan keruntuhan kerajaan-kerajaan yang silih berganti di muka bumi ini, kemunculan pemimpin-pemimpin besar, nabi-nabi, kelahiran Mesias sampai kedatangan-Nya yang kedua kali dan berakhirnya sejarah dunia.

Akhir zaman dapat digambarkan seperti peta zaman berikut:


NUBUATAN DALAM PERJANJIAN LAMA
Perjanjian lama menjelaskan peristiwa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

  1. Mimpi Nebukadnezar (baca Daniel 2; 28-33)
    Mimpi tentang patung yang dialami oleh Raja Nebukadnezar merupakan pewahyuan tentang perkembangan sejarah dunia sampai pada akhir zaman. Nubuatan tersebut sekaligus membuktikan bahwa Tuhan kita adalah Tuhan atas sejarah dunia.
    a. Kepala dari emas tua, yaitu kerajaan Babel di bawah pemerintahan Raja Nebukadnezar
    b. Dada dan lengan dari perak, yaitu kerajaan Median dan Persia yang mendominasi dunia setelah itu
    c. Perut sampai paha dari tembaga, yaitu datangnya kerajaan Yunani di bawah pemerintahan Alexander Agung mengatasi kerajaan Media dan Persia, sehingga kekuasaannya terbentang dari Eropa sampai India.
    d. Kaki dari besi, yaitu setelah itu kerajaan Romawi menguasai dunia, termasuk Israel, pada masa kedatangan Yesus pertama kali di bumi.
    e. Telapak Kaki, sebagian dari tanah liat dan sebagian dari besi. Nubuatan ini sampai sekarang belum seluruhnya digenapi
  2. Nubuatan 70 Minggu Daniel (Daniel 9: 24-27)
    Dalam bahasa Ibrani ‘week’ adalah ‘sabua’ artinya ‘seven (tujuh)’.
    Secara harfiah ungkapan 70 minggu atau 70 tujuh.
    Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan 70x7 masa, terbagi atas 3 tahapan:
    a. Tahapan Pertama: 7x7 masa (ayat 25)
    Yaitu periode pemulihan dan pembangunan kembali Yerusalem.
    b. Tahapan Kedua: 62x7 masa (ayat 26)
    Yaitu periode yang berakhir dengan kematian Kristus di kayu salib
    c. Tahapan Ketiga: 1x7 masa
    Yaitu periode tribulasi, yang terdiri atas masa aniaya pertama selama 3,5 tahun dan masa aniaya kedua atau aniaya besar di bawah antikris selama 3,5 tahun berikutnya.
TANDA-TANDA MENJELANG KEDATANGAN YESUS YANG KEDUA KALI
Beberapa tanda-tanda menjelang kedatangan Yesus yang kedua kali adalah (Mat 24;3-14):

  1. Penyesatan
    Bangkitnya nabi-nabi palsu, guru-guru palsu, bahkan mesias palsu yang akan menyesatkan banyak orang
  2. Peperangan
    Bangsa akan bangkit melawan bangsa. Perang antar suku terjadi banyak di belahan bumi ini
  3. Bencana
    Gempa bumi, banjir dan bencana alam lainnya akan terjadi dalam skala yang semakin besar. Demikian pula dengan epidemi dan timbulnya penyakit-penyakit baru yang tidak terobati, yang sebelumnya tidak pernah ada.
  4. Kemerosotan moral
    Kasih antar sesama manusia semakin merosot. Moralitas tidak lagi dijunjung tinggi. Penyimpangan seksual merajalela.
  5. Injil Diberitakan Menjadi Kesaksian di Seluruh Dunia
    Kuasa kemuliaan Injil semakin nyata saat ini.
PERISTIWA PENGANGKATAN GEREJA/ RAPTURE
Tuhan menginginkan setiap orang bertobat dan hidup kudus, sehingga luput dari aniaya besar dan murka Allah yang akan datang, karena tidak seorang pun yang tahu bilamana hal itu akan terjadi. (Lukas 21;36// I Tesalonika 1;10: 5;9-10). Peristiwa pengangkatan/rapture dapat di lihat link youtube berikut: http://www.youtube.com/watch?v=SmLhyPjHVes&feature=related. Tujuan pengankatan/ rapture adalah untuk meluputkan orang-orang percaya dari antikris. Terjadinya pengangkatan:

  1. Sangkakala berbunyi
  2. Orang mati lebih dahulu di dalam Tuhan dibangkitkan (Orang percaya: lihat disini, disini )
  3. Kita yang masih hidup diubahkan, dan memiliki tubuh sorgawi
  4. Tuhan Yesus datang di angkasa
  5. Kita semua diangkat ke angkasa untuk bersama-sama dengan Dia.
MASA ANIAYA
  1. Yang terjadi di sorga (ouranos: heaven or sky)
    a. Persekutuan: Setiap orang yang diangkat akan bergabung bersama-sama dengan Tuhan Yesus;
    b. Pujian dan Penyembahan: Malaikat dan orang2 percaya yang sudah diangkat akan memuji dan menyembah Tuhan (Wahyu 4)
    c. Pengadilan Kristus: Setiap orang benar menghadap Pengadilan Kristus untuk menerima mahkota yang sudah ditentukan baginya sesuai dengan panggilan dan pelayanannya selama ia hidup di bumi. Jenis mahkota menurut Firman Tuhan: Mahkota Kehidupan diberikan kepadaorang yang setia sampai akhir (Yakobus 1; 12: Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.// Wahyu 2;10: Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.); Mahkota Sukacita diberikan kepada orang yang suka memberitakan injil (Filipi 4: 1: Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!// I Tes2; 19-20: Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu? Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.); Mahkota kebenaran diberikan kepada orang yang menanti-natikan kedatangan Tuhan Yesus (II Tim 4;8: Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.); Mahkota Abadi/Kemenangan diberikan kepada orang-orang yang bisa menguasai diri (I Kor 9;25: Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi); Mahkota Kemuliaan diberikan kepada orang-orang yang menggembalakan (I Petrus 5; 4: Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu).
    d. Perjamuan kawin anak Domba
  2. Yang Terjadi dibumi
    Tujuan Allah mengijinkan aniaya terjadi adalah untuk menuangkan murka-Nya kepada orang-orang yang tidak memenuhi syarat pengangkatan
    a. Masa 3½ tahun pertama (tribulasi pertama) Daniel 9: 27a
    o Perjanjian Israel – Antikris: Bangsa Israel sangat merindukan untuk membangun kembali Bait Allah, yaitu tempat mereka menyembah kepada Allah, dan mereka menerima dukungan dari antikris untuk mewujudkan hal itu dalam suatu ikatan perjanjian 7 tahun.
    o Bangsa Israel secara nasional belum menerima Yesus sebagai Mesias: Mereka mengharapkan Mesias hadir ditengah-tengah mereka dengan adanya Bait Allah tersebut
    o Mesias-mesias Palsu: Pada masa itu penyelewengan pengajaran dan kebenaran banyak terjadi dengan timbulnya nabi-nabi palsu.
    o 144.000 orang yang dimeteraikan oleh Allah untuk menginjili bangsa Israel
    b. Masa 3½ Tahun Kedua (Tribulasi Kedua) Mat 24; 15//II Tesalonika 2;4.
    Antikris menyatakan diri sebagai Allah. Antikris dan pengikut-pengikutnya adalah orang-orang biasa yang dirasuk oleh roh iblis.
    o Si pembinasa keji berdiri di tempat Maha Kudus dan menyatakan dirinya sebagai satu-satunya Allah yang patut disembah
    o Semua orang harus menyembah antikris dan mengenakan tanda di dahi atau tangan kanannya
    o Israel terkejut, merasa tertipu, dan menolak
    o Allah mengutus dua saksi untuk bernubuat dan berkabung
    o Israel diasingkan ke padang gurun selama 3½ tahun lamanya. Orang-orang yang melarikan diri dari antikris tinggal di gua-gua.
KEDATANGAN KRISTUS KEDUA
  1. Peperangan Harmagedon
    a. Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk kedua kalinya, dan menjejakkan kaki-Nya di Bukit Zaitun (Zakharia 14;4: Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan.)
    b. Antikris akan berperang berhadapan dengan Tuhan Yesus dan orang-orang kudus-Nya di Harmagedon – lembah Megido (Wahyu 16; 16: Lalu ia mengumpulkan mereka di tempat, yang dalam bahasa Ibrani disebut Harmagedon)
    c. Antikris, nabi palsu dan semua pengikutnya yang menyembah dia dibinaskan/ dibuang kedalam lautan api dan belerang (Wahyu 20;10: dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.)
  2. Kerajaan 1000 Tahun Damai
    a. Tuhan Yesus mendirikan dan memerintah bersama orang kudus-Nya dalam kerajaan 100 Tahun Damai, dengan Yerusalem sebagai pusat pemrintahan-Nya.
    b. Bumi akan dipulihkan dan diperintah dengan kebenaran dan keadilan yang sejati. Iblis dan roh-roh jahatnya diikat dan dipenjarakan di jurang maut (Wahyu 20;2: ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya)
    c. Penghuni bumi adalah orang-orang Israel yang bertobat dan bangsa-bangsa lain yang lolos dari masa aniaya antikris (tribulasi)
PERISTIWA-PERISTIWA AKHIR
  1. Pada akhir masa Kerajaan 1000 Tahun Damai, iblis dilepaskan seketika lamanya, dan menyesatkan banyak orang (Wahyu 20;7-8: Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.)
  2. Orang yang disesatkan akan memberontak dan melawan orang-orang Israel, orang-orang kudus, dan mengepung Yerusalem. Lalu turunlah api dan belerang dari langit menghanguskan dan mebinasakan mereka, yaitu Gog dan Magog (menggenapi nubuatan Yehezkiel 38-39) dan Iblis dibuang dalam api neraka (Wahyu 20;9: Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka)
  3. Munculnya Tahta Putih Allah yang besar; langit dan bumi yang ada kemudian lenyap. (Wahyu 20;11: Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.)
  4. Semua orang yang mati dalam dosa akan dibangkitkan dalam tubuh yang tidak dapat binasa dan dihakimi di depan Tahta Putih Allah yang besar, kemudian dilemparkan ke dalam lautan api (Wahyu 20;12-14)

Source: Buku KOM 100: Pencari Tuhan GBI Kemah Daud

Tidak ada komentar: